10 PELATIH SEPAKBOLA BERPENGHASILAN TERTINGGI DI DUNIA TAHUN 2015

Majalah France Football baru-baru ini merilis sebuah daftar tentang 10 pelatih sepakbola berpenghasilan tertinggi di dunia tahun 2015-2015. Dan berikut ini adalah daftarnya :

– 1. Jose Mourinho berpenghasilan senilai £ 13,2 juta pertahunnya

Mourinho dikabarkan kembali ke Chelsea karena Roman Abramovich memberikan tawaran yang begitu menggiurkan kepada dirinya. ‘The Special One’ mendapatkan gaji sebesar £ 13,2 juta pertahunnya. Saat di musim pertamanya bersama Chelsea, mereka tampil begitu buruk sehingga Chelsea gagal meraih trophi.

Di musim keduanya, ia berusaha memperbaiki dan ternyata The Blues sukses memenangkan gelar Capital One Cup dan gelar Liga Premier. Jika Mourinho dapat mempertahankan kinerja seperti itu, maka Mourinho akan selalu menjadi pelatih dengan penghasilan tertinggi di dunia selama bertahun-tahun.

– 2. Carlo Ancelotti berpenghasilan senilai £ 11,4 juta pertahunnya

Musim lalu saat bersama Real Madrid, ia sukses meraih La Decima dengan kemenangan 4-1 dalam ajang final Liga Champions melawan Atletico Madrid. Itu berarti, Ancelotti adalah salah satu dari dua pelatih di dunia yang berhasil memenangkan gelar Liga Champions sebanyak 3 kali di 3 klub yang berbeda.

Ancelotti juga dikabarkan mendapatkan gaji yang sangat besar kala melatih Madrid. Sebelum berlabuh ke Madrid, ia pernah melatih Chelsea dan Paris Saint Germain. Ia kerap disebut-sebut sebagai pelatih paling berpengalaman dan tersukses dalam dunia sepakbola.

– 3. Pep Guardiola berpenghasilan senilai £ 11,2 juta pertahunnya

Guardiola memiliki rapor yang mentereng disaat musim pertamanya melatih Bayern Munchen, ia mengantarkan klub menjuarai Bundesliga dan German Cup. Namun baru-baru ini sering berhembus kabar jika pelatih asal Spanyol ini akan melatih klub Manchester City, sayangnya berita ini belum terwujud. Satu hal yang pasti, jika Pep menerima tawaran untuk melatih The Citizens maka hampir bisa dipastikan kalau dirinya akan menerima gaji senilai £ 11,2 juta pertahunnya.

– 4. Arsene Wenger berpenghasilan senilai £ 8,3 juta pertahunnya

Setelah selama 9 tahun The Gunners puasa gelar, Arsene Wenger dan Arsenal akhirnya mengakhiri masa puasanya dengan mengalahkan Hull City dengan skor 3-2 pada final FA Cup. Ada rumor yang berhembus jikalau Wenger akan meninggalkan Emirates pada akhir musim 2014 menyusul kontraknya yang akan berakhir dan para fans mulai mempertanyakan kemampuannya.

Namun setelah sukses di FA Cup, pelatih Perancis ini memperpanjang kontraknya di Arsenal sampai tahun 2017 mendatang. Sebagai pelatih terlama di Liga Premier, Wenger begitu dihormati karena kesetiannya sehingga The Gunners memberikannya gaji sebesar £ 8,3 juta pertahun.

– 5. Louis van Gaal berpenghasilan senilai £ 7,3 juta pertahunnya

Louis van Gaal menikmati tahun 2014 dengan baik, hal ini tercermin dari upah yang telah diterimanya tahun lalu. Pelatih asal Belanda ini sebelumnya telah mengumumkan akan meninggalkan jabatannya sebelum kompetisi dan menandatangani kontrak dengan Manchester United untuk menggantikan posisi David Moyes. Kini Van Gaal menerima gaji senilai £ 7,3 juta di Manchester United dan kita tinggal menunggu waktu saja apakah klub Setan Merah akan menjadi tim terbaik saat dilatihnya.

– 6. Fabio Capello berpenghasilan senilai £ 6,6 juta pertahunnya

Capello telah ditugaskan untuk melatih timnas sepakbola Rusia sejak dirinya keluar usai gagal melatih Inggris sebelum ajang European Championship tahun 2012. Tahun 2014 bukanlah tahun terbaik bagi Capello mengingat timnas Rusia tersingkir dari ajang Piala Dunia di Brazil pada babak penyisihan grup.

Atas kinerja buruk tersebut, Capello harus menjawab sejumlah pertanyaan dari parlemen Rusia yang terus bertanya-tanya, apakah mereka selama ini telah melakukan hal yang tepat dengan memberikan gaji tinggi kepada pelatih Italia tersebut. Namun Capello tetap berharap, ia dapat memimpin Rusia pada ajang Piala Dunia 2018 sebagai tuan rumah sebelum dirinya menyatakan pensiun dari kursi kepelatihan.

– 7. Andre Villas Boas berpenghasilan senilai £ 6,2 juta pertahunnya

Tottenham menilai jikalau selama ini, Andre Villas Boas tidak berjuang keras untuk membuat klubnya menjadi salah satu klub populer di tanah Inggris. Ia dinilai gagal oleh Tottenham. Pelatih asal Portugal ini kemudian membangun kembali reputasinya sebagai salah satu pelatih termuda yang cerdas di benua Eropa khususnya di negara Rusia.

Saat awal kepelatihannya, Villas Boas membawa Zenit Saint Petersburg memenangkan 6 pertandingan, tapi tentu saja ini belum cukup sebab klub Zenit berharap agar sang pelatih dapat membawa mereka memenangkan gelar Russian Premier League. Zenit berani merogoh koceknya senilai £ 6,2 juta per tahun ditambah akan memberikannya sejumlah bonus, tergantung pada kinerja anak asuhnya selama berada diatas lapangan.

– 8. Sven Goran Eriksson berpenghasilan sebesar £ 5,9 juta pertahunnya

Sven Goran Eriksson selalu mampu menegosiasikan kontrak dirinya dengan sangat baik dan tahun 2014 lalu menjadi bukti masa keemasannya. Pelatih asal Swedia ini pernah membawa Guangzhou ke posisi 3 pada Liga Super Cina sebelum dirinya memutuskan untuk meninggalkan Guangzhou dan bergabung ke klub Shanghai.

Kontraknya di klub Shanghai dikabarkan menjadi kontrak terbaik selama masa kepelatihannya; dan jika klub tersebut berniat untuk mengontraknya selama 3 tahun, Eriksson bisa mengantongi uang sebesar £ 15 juta. Dan jumlah tersebut bisa menjadi bayaran terbesar selama karir kepelatihannya.

– 9. Jurgen Klopp berpenghasilan sebesar £ 5,3 juta pertahunnya

Musim ini merupakan musim terburuk Jurgen Klopp bersama timnya, Borussia Dortmund. Ia pernah menyatakan ke publik akan meninggalkan klub tercintanya pada akhir musim 2015 ini. Klopp yang diketahui telah memperpanjang kontraknya hingga 2018 diawal musim 2014 lalu memutuskan untuk memberikan momen terbaik sebelum ia dengan Dortmund berpisah.

 border=

Musim 2014 lalu, Dortmund menduduki sebagai runner-up baik di Bundesliga maupun di German Cup, namun di tahun 2015 ini, Dortmund berhasil mengalahkan Bayern Munchen di final German Cup itu berarti dirinya bisa meninggalkan klub sesudah melunasi semua tanggung jawabnya.

– 10. David Moyes dan Laurent Blanc berpenghasilan sebesar £ 5,1 juta pertahunnya

Nama kedua pelatih ini tercatat dalam buku Forbes tahun 2014. Moyes dipecat oleh klub Manchester United sebelum mengakhiri musim 2014-nya karena masa kepelatihannya yang dinilai suram selama berada di Old Trafford. Walaupun berakhir pahit, Moyes tetap mendapatkan pemasukan yang besar selama menangani klub Setan Merah.

Kini, Moyes telah melatih salah satu klub sepakbola di Spanyol yang bernama Real Sociedad dan menjadi pelatih yang dibayar paling tinggi dalam sejarah klub tersebut senilai £ 1,5 juta pertahunnya. Di lain sisi, Blanc yang melatih Paris Saint Germain berhasil memberikan gelar Ligue 1 kepada klubnya dan PSG memperpanjang kontraknya hingga tahun 2016 sebagai hadiah untuk prestasi yang dicapainya.